Editorial Policies

Focus and Scope

Focus and Scope ASAMUH: Jurnal Studi Islam ISSN 2461-0542 (Online)

Jurnal Tasamuh merupakan jurnal berskala nasional dengan kajian-kajian keislaman. Diterbitkan secara sistematis sesuai dengan isu-isu utama dalam setiap nomornya. Kajian keislaman dimaksudkan adalah antara lain: hukum Islam, ekonomi Islam, dakwah dan komunikasi penyiaran Islam, filsafat dan pemikiran Islam, sejarah dan perkembangan dunia Islam serta isu-isu aktual lainnya. Jurnal ini tidak menutup kemungkinan  untuk mengkaji hal-hal yang dianggap perlu untuk diangkat antara lain:

  1. Hukum dan ekonomi Islam, tentang pengelolaan perda Syariah.
  2. Dakwah dan komunikasi penyiaran Islam, termasuk bimbingan islam.
  3. Filasafat dan pemikiran Islam, termasuk aliran dan sekte, mazhab lainnya.
  4. Sejarah dan perkembangan dakwah Islam, baik di Timur Tengah, Asia, Eropa dan Amerika.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Jurnal Tasamuh menerapkan proses peer review. Semua artikel yang dikirimkan ke Jurnal Tasamuh akan direview secara tertutup (blind review) oleh para mitra bebestari. Pada umumnya, setiap artikel akan direview oleh dua sampai empat orang reviewer sesuai bidang dan sisiplin ilmunya. Tanggapan dari para reviewer ini akan dijadikan landasan bagi editor untuk menentukan apakah suatu artikel dapat diterima (accepted), diterima apabila direvisi (accepted with major/minor revision), atau ditolak (rejected). Suatu artikel ditolak untuk dimuat disebabkan oleh berbagai pertimbangan, diantara artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup ilmu-ilmu Pendidikan dan kependidikan, sisi ilmiah tulisan tersebut kurang memadai untuk digolongkan dalam suatu tulisan ilmiah, kesalahan metodologi yang mendasar, tidak sesuai topik utama dalam setiap tahun atau dikarenakan penulis menolak untuk melakukan sara perbaikan yang diberikan oleh reviewer tanpa dasar yang logis.

 

Publication Frequency

Jurnal Tasamuh terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun (April dan Nopember) setiap nomor terbitan (issue) berjumlah minimal 10 (sepuluh) judul artikel

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Publication Ethics

Jurnal Tasamuh merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Pusat penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sorong Papua Barat. Pengelolaan Jurnal Tasamuh menjelaskan perilaku etis dari semua pihak yang terlihat dalam penerbitan artikel yang meliputi: penulis, ketua penyunting, tim editor, mitrabestari (reviewer) dan penerbit.

  1. 1.       Tugas Penerbit

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STAIN Sorong memiliki salah satu penerbit untuk diterbitkan Jurnal Tasamuh yang bertanggung jawab dan berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang atau pendapatan komersial lainnya tidak memiliki dampak atau pengaruh pada keputusan tim editor.

  1. 2.       Tugas Ketua Penyunting dan Tim Editor
    1. Keputusan Publikasi

Ketua Penyunting dan Tim Editor Jurnal Tasamuh, bertanggung jawab untuk memutuskan artikel yang harus diterbitkan berdasarkan masukan dari hasil review yang dilakukan mitrabestari. Tim dapat berunding dengan mitra bestari dalam membuat keputusan ini. Hasil keputusan antara tim editor dengan mitra bestari kemudian diteruskan dengan SK dari Ketua (Rektor).

  1. Prinsip Keadilan

1)       Ketua Penyunting dan Tim Editor mengevaluasi naskah/artikel tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik penulis.

2)       Tim Editor akan memastikan artikel sesuai dengan fokus/scope kajian keislaman. Tanggapan dari para mitrabestari akan dijadikan landasan bagi editor untuk menentukan apakah suatu artikel dapat diterima (accepted), diterima dengan revisi (accepted with major/minor revision), atau ditolak (rejected).

3)       Suatu artikel ditolak untuk dimuat disebabkan oleh berbagai pertimbangan, diantaranya dikarenakan artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup kajian keislaman, sisi ilmiah tulisan tersebut kurang memadai untuk digolongkan dalam suatu tulisan ilmiah, kesalahan metodologi yang mendasar, atau dikarenakan penulis menolak untuk melakukan saran perbaikan yang diberikan oleh mitra bestari tanpa dasar yang logis.

4)       Urutan penerbitan disesuaikan dengan urutan masuknya artikel dan revisi artikel kepada dewan redaksi.

  1. Kerahasiaan

Tim Editor tidak harus mengungkapkan informasi apa pun tentang naskah yang diserahkan kepada orang lain selain penulis, diantaranya mitra bestari.

  1. Konflik kepentingan

Bahan yang tidak dipublikasikan, namun diungkapkan dalam naskah tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

  1. 3.       Tugas Mitrabestari
    1. Mitrabestari membantu tim editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial yang selanjutnya disampaikan kepada penulis. Bantuan yang diberikan oleh mitrabestari menyangkut review secara konten terhadap sebuah naskah/artikel.
    2. Setiap naskah yang diterima untuk di review harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah tidak boleh ditampilkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh tim editor.
    3. Review harus dilakukan secara objektif dengan argumen yang mendukung sesuai kaidah ilmiah.
    4. 4.       Tugas Penulis
      1. Penulis menuliskan naskah/artikel berdasarkan hasil penelitian asli yang akurat serta artikel yang sesuai tokpik.
      2. Penulis menuliskan setiap acuan yang digunakan dalam naskah sesuai kaidah penulisan ilmiah.
      3. Penulis harus memastikan bahwa naskah yang ditulis bebas plagiarisme.
      4. Penulis dapat memastikan bahwa naskah yang dikirimkan ke Jurnal Tasamuh belum pernah dimuat di media lain, dan sedang tidak dikirimkan kepada jurnal lain.
      5. Penulis harus menyepakati mengenai peran masing-masing kontributor dalam penulisan artikel dan telah menyepakati sebelumnya tentang penulisan penulis utama dan penulis pendamping.
      6. Penulis memastikan bahwa kegiatan penelitian dan penulisan artikel dilakukan sesuai kode etik.
      7. Ketika penulis menemukan kesalahan yang signifikan atau ketidaktepatan dalam naskahnya yang telah diterbitkan, penulis memiliki kewajiban untuk segera memberitahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki.